Fungsi SUM Pada MS. Office Excel 2013

Fungsi SUM Pada MS. Office Excel 2013
Fungsi SUM digunakan untuk menjumlah data numerik pada suatu sel atau range.
Berikut contoh kasus untuk fungsi SUM. Kita akan menjumlahkan cell atau data yang mempunyai latar merah muda (G6:G12). 


Langkahnya :

1. Letakkan kursor di cell G13
2. Ketikkan rumus untuk fungsi SUM, diawali dengan (=) dengan syntax :
 =SUM(NUMBER1;NUMBER2;……...)
Keterangan :
Number1 : Angka pertama yang ingin Anda tambahkan. Angka bisa berupa seperti 4, referensi sel seperti misal G6, rentang sel rentang seperti misal G6:G13 atau rentang sel bernama.
Number2 : Ini adalah angka kedua yang ingin Anda tambahkan.
Anda bisa menentukan hingga 255 bilangan tambahan dengan cara ini. Setiap argumen setelah yang pertama dipisahkan oleh koma.

Maka syntax yang dimasukkan untuk contoh soal tersebut adalah :
 =SUM(G6:G12)


Tips :
  • Setelah Anda mulai mengetik setelah tanda sama dengan (=), Excel akan menunjukkan dropdown berisi  fungsi-fungsi yang tersedia. Klik sekali dengan tombol kiri mouse, dalam hal ini, pada SUM untuk menyorotnya.
  • Untuk menghitung ulang rumus apa pun, pilih sel yang berada di, tekan F2, lalu tekan tombol Enter. Untuk menghitung ulang seluruh lembar kerja, tekan F9.
  • Setelah memilih dan memasukkan rumus lengkap (dimulai dengan tanda sama dengan (=), tekan tombol Tab untuk menjalankan rumus. Jika Anda tidak menekan tombol Tab, kursor tidak akan memindahkan ke sel berikutnya dan rumus tersebut akan terus sedang diedit, dengan hasil yang tidak diinginkan. Jika nilai yang tidak diharapkan atau pilihan yang muncul dalam rumus Anda sudah selesai, tekan tombol ESC.

Print PDF
Previous
Next Post »
Comments
0 Comments