Cara Mudah Membuat Daftar Isi Otomatis di Microsoft Word

Penggunaan daftar isi dalam Microsoft Word sangatlah penting, terlebih buat teman-teman yang memang sedang membuat semisal ; makalah, skripsi, jurnal, buku, novel, proposal, dan tugas lainnya yang memang harus mencantumkan daftar isi di dalamnya. Untuk cara membuat daftar isi di Microsoft Word sebenarnya bisa di lakukan dengan cara manual, namun dengan cara manual perataan teks kurang rata sehingga hasilnya pun jauh dari kata sempurna. Maka dari itu untuk artikel kali ini saya akan mencoba berbagi cara membuat daftar isi di Microsoft Word dengan cara yang lebih simple tetapi hasilnya cukup baik.

Cara Mudah Membuat Daftar Isi Otomatis di Microsoft Word


1. Ketikkan kalimat daftar isi, contohnya seperti ini :

DAFTAR ISI

LEMBARAN JUDUL               
LEMBARAN PENGESAHAN SKRIPSI
LEMBARAN PERSETUJUAN UJIAN   
ABSTRAK  
KATA PENGANTAR      
DAFTAR ISI       
DAFTAR GAMBAR        

BAB I   : PENDAHULUAN
  Latar Belakang Masalah     
  Identifikasi dan Batasan Masalah
  Perumusan Masalah
  Tujuan dan Manfaat Penelitian

BAB II : URAIAN TEORITIS
  Definisi Jurnal Umum
  Tujuan dan Manfaat Pelaporan Jurnal Umum


2. Pilih semua teks kecuali judul "Daftar Isi", kemudian pada tab menu Home, klik icon menu  Paragraph,  pada kotak dialog yang mucul klik tombol Tabs.



3. Pada kotak dialog tabs, isikan  tab  stop posisition  :  2 cm, Aligment : Left, Leader : None, kemudian klik tombol Set

4. Untuk membuat tabs/perataan yang ke 2,  isikan Tab stop posisition : 15 cm, Aligment : Right, Leader : pilih yang no 2, kemudian klik tombol Set. Kemudian klik tombol OK, perhatikan perbedaanya.
5. Kemudian letakkan kursor di  awal baris di bawah “BAB I PENDAHULUAN” tekan tombol  Tab  sekali  pada keyboard kemudian setelah teks juga klik tombol Tab sekali untuk memunculkan tanda (....) Lakukan cara yang sama untuk meratakan teks lainnya. Detailnya bisa di lihat pada gamabar berikut :
6. Jika sudah semuanya rekan tinggal Save document.


Print PDF
Previous
Next Post »
Comments
0 Comments