Kali ini kita akan membahas tentang penomoran otomatis pada Microsoft Office Excel 2013. Apa itu penomoran otomatis? Apa kegunaannya? Penomoran otomatis yang akan kita bahas kali ini menggunakan rumus dan kegunaanya adalah mempermudah penomoran apabila data kita berjumlah banyak. Untuk kegunaan, silahkan lihat pada contoh gambar. Langsung saja kita mulai pembahasan beberapa penomoran otomatis berikut ini :
1. Penomoran otomatis jika terdapat data pada cell
Berguna apabila kita hanya ingin memberi nomor secara otomatis dengan mengesampingkan cell tanpa data.
Rumus dituliskan kolom A kemudian copy ke bawah sesuai kebutuhan :
=IF(B1="","",COUNTA($B$1:B1))
2. Penomoran Otomatis Tidak Berurutan
Rumus dituliskan kolom A kemudian copy ke bawah sesuai kebutuhan :
=IF(B1="";"";ROWS($B$1:B1))
3. Penomoran Otomatis Digabung atau Ditambah Dengan Teks :
Biasanya digunakan pada pengisian nomor registrasi atau pendaftaran.
Rumus dituliskan kolom A kemudian copy ke bawah sesuai kebutuhan :
="A000"&ROWS($A$1:A1)
4. Penomoran Otomatis Dengan Awalan Angka 0 (Nol)
Rumus dituliskan kolom A kemudian copy ke bawah sesuai kebutuhan :
=ROW()-1
Selain itu, rumus bisa dimodifikasi untuk membuat penomoran otomatis diawali nomor sesuai keinginan kita, misal diawali dengan angka 3, maka rumusnya akan menjadi =ROW()+2.
5. Penomoran Otomatis Berulang Setiap Kelipatan 3 atau Kelipatan Lainnya
Rumus dituliskan kolom A kemudian copy ke bawah sesuai kebutuhan :
=MOD(ROW()-1;3)+1
6. Penomoran Otomatis dengan Rentang Nilai Tertentu
Rumus dituliskan kolom A kemudian copy ke bawah sesuai kebutuhan :
=(ROW()-1)*5 +1& "-" & ((ROW()-1)*5) +5
Itulah tadi 6 cara mudah penomoran otomatis pada Microsoft Office Excel 2013, semoga bermanfaat.