Trigger Pada MS.Office PowerPoint 2013

Trigger Pada MS.Office PowerPoint 2013
Trigger ini dapat digunakan untuk interaksi dalam bahan ajar powerpoint. Prinsip kerjanya adalah ketika tombol navigasi di klik, maka trigger akan bekerja dengan menampilkan gambar atau animasi maupun video yang hendak kita tampilkan.

Berikut  ini  adalah langkah-langkah dalam  pemanfaatan trigger dalam  media  presentasi PowerPoint :
1. Pilih layout dari sebuah slide pada powerpoint yang akan di beri trigger dan buatlah shape (tombol navigasi) sebanyak yang dibutuhkan sesuai dengan keinginan kita. Masukkan sebuah text (Materi Pelatihan Komputer) sebagai trigger dari sebuah folder yang sudah ditentukan.
Pilih layout dari sebuah slide
2. Buatlah text “Materi Pelatihan Komputer” sebagai trigger dengan cara mengklik gambar tersebut, kemudian tekan menu animation dan pilih salah satu bentuk animasi. 
Pilih Animations
3. Pastikan text yang dipilih sudah benar, klik pada layout atau block semua text yang akan dijadikan trigger, kemudian tekan tombol animations kemudian pilih trigger.
 
4.  Jika trigger sudah berhasil dibuat, maka akan terlihat icon seperti dibawah :
5. Ulangi  pembuatan trigger berikutnya  dengan langkah-langkah seperti  diatas. Tujuannya  adalah pada  saat  animasi  ke-2 muncul  maka  animasi  ke-1 hilang. Begitu sebaliknya. Caranya  berikan animasi  exit  dalam  trigger animasi  ke-2 pada  saat  animasi  ke-1 muncul, sebaliknya  masukkan animasi exit pada animasi ke-1 dalam trigger animasi ke-2. Ubah animasi exit dari keduanya mulai start menjadi with previous.

Sumber : Team Lab Infokom DPP Infokom@2013
Previous
Next Post »
Comments
0 Comments