Mengenal Menu Pada Microsoft Excel 2013


Mengenal Menu Pada Microsoft Excel 2013
Halaman Worksheet Excel terbagi atas baris dan kolom, dan Anda bisa mengelompokkan data Anda dengan menggunakan pembagian standar ini sebagai panduan. Kotak yang terbentuk oleh perpotongan baris (row) dan kolom (column) disebut dengan cell. Cell bisa dikenali berdasarkan huruf pada kolom dan angka pada baris. Kombinasi ini, akan mengenali cell pertama pada kolom pertama sebagai cell A1, yang disebut referensi cell.
Gambar berikut ini akan menjelaskan interface Microsoft Excel 2013 :


Keterangan : 
Title Bar adalah judul dari Book/File yang kita buat  
Menu Bar berguna  untuk menjalankan suatu perintah. Menu bar pada Microsoft Excel 2013 antara lain : File,Home, Insert, Page Layout, Formulas, Data, Review dan View.
Formula Bar/Rumus berguna untuk memasukkan, memperbaiki, dan juga  dapat  menampilkan data atau rumus pada sel yang sedang aktif. Untuk memperbaiki data atau rumus adalah dengan cara mengklik atau menekan tombol F2. 
Ribbon/Tools Bar adalah nama yang diberikan untuk baris tab dan tombol yang Anda lihat di bagian atas Microsoft Excel 2013. Tab Ribbon dan tombol membawa perintah favorit Anda ke tempat terbuka dengan menunjukkan beberapa perintah yang dikelompokkan dalam kategori tertentu, seperti :
Tab File memperlihatkan tampilan Backstage, di mana Anda menemukan perintah untuk membantu Anda membuka buku kerja Excel yang ada, membuat workbook baru, menyimpan buku kerja, menerapkan perlindungan, dan banyak lagi 
Tab Home
Tab ini berisi perintah untuk tindakan umum seperti format, menyalin, paste, memasukkan, dan menghapus kolom dan baris.
Tab Insert
Tab ini berisi perintah yang memungkinkan Anda untuk memasukkan benda seperti grafik dan bentuk ke dalam spreadsheet Anda.
Tab Page Layout
Tab ini menampung semua perintah yang memungkinkan Anda untuk menentukan bagaimana spreadsheet Anda terlihat, baik pada layar dan ketika dicetak. Perintah ini mengontrol pilihan seperti warna tema, margin halaman, dan area cetak.
Tab Formulas
Tab ini menampung semua perintah yang membantu menentukan, kontrol, dan audit formula Excel.
Tab Data
Tab ini memiliki perintah yang memungkinkan Anda untuk terhubung ke data eksternal, serta mengelola data dalam spreadsheet Anda.
Tab Review
Dengan perintah seperti Spell Check, Protect Sheet, Lindungi Workbook, dan Track Changes, tema tab Review melindungi integritas data dalam spreadsheet Anda.
Tab View
Perintah pada tab ini dirancang untuk membantu Anda mengontrol bagaimana Anda secara visual berinteraksi dengan spreadsheet Anda.
Petunjuk Sel/Cell Pointer
Untuk memindahkan penunjuk sel aktif ke posisi yang baru dapat digunakan bantuan mouse maupun keyboard. Dengan mouse kita dapat leluasa memindahkan posisi penunjuk sel dengan mengarahkan pointer ke sel yang dituju. Sedangkan dengan menggunakan keyboard langkah yang ditempuh antara lain :
Previous
Next Post »
Comments
0 Comments