Fungsi MONTH pada Microsoft Office Excel 2013

Fungsi MONTH pada Microsoft Office Excel 2013
Fungsi MONTH berfungsi mengembalikan bulan dari sebuah tanggal yang dinyatakan oleh nomor seri. Bulan ditentukan sebagai bilangan bulat, rentangnya antara 1 (Januari) sampai 12 (Desember).

Contoh penggunaan fungsi MONTH :

Fungsi MONTH pada Microsoft Office Excel 2013

Bentuk penulisan syntax fungsi MONTH adalah sebagai berikut :
=MONTH(serial_number)
Syntax fungsi MONTH memiliki argumen berikut:

Serial_number = Tanggal bulan Anda mencoba menemukan. Tanggal harus dimasukkan menggunakan fungsi DATE, atau sebagai hasil dari rumus atau fungsi lain. Sebagai contoh, menggunakan DATE(2008,5,23) untuk hari 23 Mei 2008. Masalah ini bisa terjadi jika tanggal yang dimasukkan sebagai teks.

Keterangan :
Microsoft Excel menyimpan tanggal sebagai nomor seri berurutan sehingga bisa digunakan di dalam perhitungan. Secara default, 1 Januari 1900 adalah nomor seri 1, dan 1 Januari 2008 adalah nomor seri 39448 karena 39.448 hari setelah 1 Januari 1900.

Nilai yang dihasilkan melalui fungsi YEAR, MONTH, dan DAY akan menjadi nilai Masehi, tanpa memperhitungkan format tampilan untuk nilai tanggal yang diberikan. Misalnya, jika format tampilan nilai tanggal yang diberikan menggunakan kalender Hijriah, maka nilai yang dihasilkan untuk fungsi YEAR, MONTH, dan DAY adalah nilai yang terkait dengan tanggal Masehi yang setara.



Print PDF
Previous
Next Post »
Comments
0 Comments