Mengenal Menu Pada Microsoft Access 2013 [Bagian 1]

Mengenal Menu Pada Microsoft Access 2013
Microsoft Office Access 2013 atau disingkat Access 2013 merupakan salah satu perangkat lunak yang tergolong Relational Database Management System (RDBMS) yang banyak digunakan saat ini. Perangkat lunak ini sudah termasuk dalam aplikasi paket Microsoft Office 2013.
Access 2013 menyediakan banyak  fasilitas  yang berkaitan dengan pengelolaan database.
Dengan fasilitas pada Access 2013 yang tersedia, kita dapat  melakukan proses penyortiran, pengaturan data, pembuatan tabel, query, form, report, pages, macros, dan modules yang sangat berguna dalam mengelola database.
Sebelum belajar menggunakan Microsoft Office Access 2013, mari kita kenal satu per satu fungsi menu pada Microsoft Office Access 2013.

Berikut adalah tampilan awal dari halaman baru Microsoft Office Access 2013. Didalamnya terdapat beberapa bagian yang mendasar. Ada [1] Titlebar, [2] Menubar, [3] Toolbar, [4] Sidebar dan [5] Field.
 
Pada TITLEBAR berisi tentang judul atau nama dari file. Pada menu bar terdapat beberapa menu yang dapat digunakan oleh user untuk memanajemen basis data.
 Yaitu diantaranya ialah: 
1. Menu FILE yang mana didalamnya terdapat beberapa pilihan menu atau perintah info untuk merepair dan memproteksi password.
Ketika menu FILE diklik maka akan muncul seperti dibawah ini.

NEW untuk membuat file yang baru, open untuk membuka file yang telah tersimpan dalam suatu direktori harddisk.
SAVE untuk melakukan penyimpanan.
SAVE AS untuk melakukan penyimpanan dengan nama berbeda. 
PRINT untuk melakukan pencetakan.
CLOSE untuk melakukan penutupan halaman yang sedang terbuka.
ACCOUNT untuk melihat keterangan akun yang sedang menggunakan dan juga keterangan produk.
OPTION berisi tentang pengaturan yang opsional yang ada dalam MS.Office Access 2013.

2. Menu HOME yang berisi tool-tool yang dapat digunakan oleh user untuk mengedit format dari isi / data file basis data.
3. Menu CREATE yang berisi tool-tool yang dapat  digunakan oleh user untuk melakukan penambahan tabel, query, form baru dan lain lain.
4. Menu EXTERNAL DATA yang  berisi tool-tol  yang dapat digunakan oleh user untuk melakukan penambahan data dari file lain.

5. Menu DATABASE TOOLS yang berisi tool-tool yang dapat digunakan oleh user untuk melakukan pembuatan atau menghubungkan    database-database atau tabel-tabel yang telah dibuat.

[bersambung]
Print PDF
Previous
Next Post »
Comments
0 Comments