Cara Mudah Mengatur Format Mata Uang Rupiah (Rp) Pada Microsoft Excel

Pada saat kita belajar dan menggunakan Microsoft Excel maka tidak ketinggalan biasanya berkaitan dengan mata uang rupiah (Rp), namun untuk pengaturan standar biasanya tidak tersetting ada rupiah (Rp) dalam tampilan yang ada. Agar bisa rupiah (Rp) bisa tampil di awal nominal angka/number yang sudah kita buat, caranya bisa mengatur format mata uang rupiah (Rp) pada bagian Format Cells yang tersedia di Microsoft Excel.

Untuk cara mengatur format mata uang rupiah (Rp) dalam Microsoft Excel bisa dilakukan dengan beberapa cara yang cukup mudah, namun meskipun demikian mungkin ada yang belum tahu caranya atau karena memang baru belajar Microsoft Excel dasar untuk mengetahui cara menampilkan rupiah (Rp) di depan nominal uang/nomor yang diinginkan.

Cara Mudah Mengatur Format Mata Uang Rupiah Pada Microsoft Excel
Untuk mengubah format angka biasa ke dalam format mata uang Rupiah (Rp), langkah-langkah yang perlu dilakukan ialah :
  1. Blok cell-cell Microsoft Excel yang ingin diatur format angkanya
  2. Kemudian klik kanan pada area cell yang terseleksi tadi, pilih Format Cells, sehingga akan tampil kotak dialog format cells

3. Pada bagian tab menu Number, pilih Category Currency/Accounting
4. Perhatikan pada bagian kotak kanan, pada pilihan Symbol anda cari dan pilih Rp Indonesian untuk menampilkan format rupiah ke dalam lembar kerja Microsoft Excel


5. Klik OK dan silahkan lihat hasilnya.

Note :
Perbedaan antara Currency dan Accounting ialah jika anda memilih Currency maka symbol Rp akan tampil di depan persis (tidak rata kiri, mengikuti nominal angka yang ada), sedangkan jika memilih mode Accounting symbol Rp akan tampil di depan nominal angka dan rata kiri.



Print PDF
Previous
Next Post »
Comments
0 Comments