Formula Dasar pada Microsoft Office Excel 2013

Formula Dasar pada Microsoft Office Excel 2013
Fungsi formula dasar adalah untuk melakukan penghitungan terhadap data yang ada di Microsoft Office  Excel  2013.  Setiap  penggunaan  formula  dasar, kita  harus  mengawalinya  dengan  tanda  sama dengan (=). Tanda sama dengan (=) dimaksudkan untuk mengawali sebuah fungsi di Microsoft Office Excel  2013.  Yang  perlu  diperhatikan  adalah  alamat  dari  data  tersebut,  jika  salah  mengetikkan alamatnya, maka data tersebut akan bernilai salah (#VALUE). Fungsi-fungsi dasar tersebut antara lain : 
Aritmatika Dasar: Fungsi penjumlahan (+), pengurangan (-), perkalian (*) dan pembagian (/). 

SUM: Digunakan untuk menjumlah data numerik pada suatu sel atau range.
Terdapat  sebuah  data  Barang  yang  terdiri  dari  Spidol,  Penghapus, Penggaris,  Pensil,  dan  Buku Tulis. Masing-masing barang tersebut memiliki jumlah yang tidak sama dengan barang yang lainnya.
Dari gambar dibawah ini, untuk mencari berapa jumlah barang secara keseluruhan, kita dapat menggunakan rumus SUM. Dengan mengetikkan alamat C2 sebagai data pertama, hingga C6 sebagai data terakhir sehingga dapat diketahui keseluruhan jumlahnya.


MIN: Untuk menampilkan nilai terkecil atau minimum yang terdapat dalam suatu atau beberapa range data.
Terdapat sebuah data Nilai dari beberapa Mahasiswa dengan nilai yang berbeda satu dengan yang lainnya. Dari gambar dibawah ini, untuk mencari nilai terendah dari semua nilai adalah menggunakan fungsi MIN. Dengan mengetikkan alamat C2 sebagai data pertama, hingga C9 sebagai data terakhir sehingga dapat diketahui berapakah nilai terendahnya.

MAX: Untuk menampilkan nilai terbesar atau maksimum yang terdapat dalam suatu atau beberapa range data.
Terdapat sebuah data Nilai dari beberapa Mahasiswa dengan nilai yang berbeda satu dengan yang lainnya. Dari gambar dibawah ini untuk mencari nilai tertinggi dari semua nilai adalah menggunakan fungsi MAX. Dengan mengetikkan alamat C2 sebagai data pertama, hingga C9 sebagai data terakhir sehingga dapat diketahui berapakah nilai tertingginya.
 
AVERAGE: Berfungsi untuk mencari nilai rata-rata dari kumpulan data.
Terdapat sebuah data Nilai dari beberapa Mahasiswa dengan nilai yang berbeda satu dengan yang lainnya. Dari gambar dibawah ini, untuk mencari nilai rata-rata dari semua nilai adalah menggunakan fungsi  AVERAGE. Dengan mengetikkan  alamat  C2  sebagai data pertama,  hingga  C9 sebagai  data terakhir sehingga dapat diketahui berapakah nilai rata-ratanya.

Untuk membatasi adanya angka dibelakang koma (,) kita  dapat  mengaturnya  di  format  cell  dengan mengklik  kanan  tepat  dikolom  mana  yang  akan  kita atur. Selanjutnya pilih tab Number dan pilih Category Number. Silahkan atur dikolom Decimal Places, sesuai dengan keinginan.

COUNT: Berfungsi untuk menghitung jumlah data numerik dalam suatu range data.
Terdapat sebuah data Nilai dari beberapa Mahasiswa dengan nilai yang berbeda satu dengan yang lainnya. Dari gambar diatas, untuk mencari jumlah mahasiswa jika kita menghitung dari jumlah nilainya adalah menggunakan fungsi COUNT. Dengan mengetikkan alamat C2 sebagai data pertama, hingga C9 sebagai data terakhir sehingga dapat diketahui berapakah jumlah mahasiswanya. 

CONCATENATE : Berfungsi untuk menggabungkan data antar kolom.
Untuk  menggabungkan  data  pada  kolom  Data1  dan  Data2,  maka  diperlukan  fungsi CONCATENATE untuk menggabungkannya.

Print PDF
Previous
Next Post »
Comments
0 Comments